Your Ad Here

Wednesday, June 6, 2012

Honda Fit Listrik Paling Irit di AS

Honda Fit Listrik Paling Irit di AS
Los Angeles - Honda Motor Company semakin bangga dengan Fit Listrik (electric vehicle). Pasalnya, model tersebut meraih predikat mobil paling irit di Amerika Serikat. Fakta tersebut diperoleh setelah menghitung tenaga listrik yang dikomsumsi oleh mobil tersebut oleh Environment Protection Agency (EPA) dan mengonversikannya layaknya mobil konvensional dan yang menghasilkn 118 mpg atau setara 50,1 kpl.

Konsumsi energi rata-rata itu paling baik jika dibandingkan dengan mobil-mobil sejenis. Sekali pengisian baterai sampai full, Fit EV mampu dikendarai sampai 83 mil (133,6 km) dengan berbagai karakter jalan 82 mil (132 km). Sedangkan dalam penghitungan, EPA memperkirakan ongkos listrik yang perlu dikeluarkan setiap mengisi penuh baterai adalah 500 dollar AS.

Nissan Leaf misalnya, hanya bisa dikendarai untuk jarak 73 mil (117,5 km) saja bahkan masih di bawah Ford Focus, 76 mil (122,3 km) dan Mitsubishi i-MiEV 63 mil (101,3 km).

Dibekali motor listrik 92-kilowatt, Honda Fit Listrik menghasilkan tenaga 125 PS dan torsi 255 Nm. Honda mengatakan, pengisian baterai mobil ini dari kosong sampai penuh butuh waktu 3 jam untuk listrik bertegangan 240 volt.

Jualan
Mulai musim panas ini, Honda mulai menjajaki pasar mobil listrik di AS dengan menyewakan Fit Listrik kepada 1.110 konsumen di Kalifornia, Oregon dan Pantai Timur Amerika Serikat. Biayanya 389 dollar AS (Rp 3,6 juta) per bulan dalam rentang waktu 36 bulan pemakaian. Dengan demikian banderolnya diperkirakan 37.415 dollar AS (Rp 347,5 juta).

Pemasaran Fit listrik akan dilakukan secara bertahap dan mempersiapkan lingkup yang lebih besar di AS setelah tiga wilayah di atas. Mobil ini juga segera dipasarkan dipasarkan di Eropa, mulai 2013.

Hampir semua produsen mobil global saat ini berlomba-lomba menambah model listrik dan hibrida "plug-in" dalam pilihan produknya tahun ini di AS. Pasalnya, regulasi di Kalifornia yang begitu ketat, memaksa mobil wajib sangat irit atau sama sekali tidak menggunakan bensin.

Sebelum Honda, sudah ada Toyota, Nissan, Ford, General Motors dan Chrysler memasarkan mobil jlistrik di AS, dengan total volume sekitar 60.000-an unit. Dalam satu dekade lebih (2025), pasar mobil ramah lingkungan diprediksi akan menembus 1 juta unit di negara tersebut.

Sumber : Kompas.com

0 comments:

Post a Comment